PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD TEGALJAYA

Main Article Content

I Made Astra Winaya
Putu Eka Kurniati

Abstract

ABSTRAK
 
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas V antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan bingo dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tegaljaya dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Tegaljaya sejumlah 109 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri atas 45 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pemahaman konsep, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar -2,704 dengan signifikansi (sig) sama dengan 0,011, sehingga nilai sig. (0,011) lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa kelas V antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan bingo dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.  Hal ini menunjukkan model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan bingo berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD Tegaljaya.
 
Kata-kata kunci: question student have, bingo, pemahaman konsep matematika

Article Details

How to Cite
Winaya, I. M. A., & Eka Kurniati, P. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD TEGALJAYA. Widya Accarya, 11(2), 165-177. https://doi.org/10.46650/wa.11.2.943.165-177
Section
Articles

References

Candiasa, I Made. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.

Chang, S & Cogswell, J. 2008. Using Board Games in the Language Classroom. New York: TESOL Conversion and Exhibition

Kyriacou, C. 2009. Effective Teaching in Schools: Theory and Practice. Third Edition. Delta Place, Cheltenham, UK: Nelson Thornes Ltd

Said, Alamsyah dkk. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Cetakan Ke- 1. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Subawa, I Made. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Questions Student Have Dan Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-14. Bandung: Alpabeta.

Tegeh, M., & Budiartini, N. K. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (Qsh) Berbantuan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Ipa. International Journal of Elementary Education, 1(2), 137. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11606
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Winaya, I Made Astra, N. K. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD N. 2 Melinggih Kelod. Widya Accarya, 10(Vol 10 No 2 (2019): Widya Accarya). https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.2.770.%25p
Winaya, I. M. A. (2020). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PADEMI COVID-19 DENGAN BERBANTU LEMBAR KEJA SISWA BERBASIS PROYEK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28612
Winaya, I. M. A. dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali. Widya Accarya, 9(Vol 9 No 2 (2018):Widya Accarya), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.9.2.657.%25p