Pengembangan Media Interaktif Papertika (Papan Perkalian Matematika) Berbasis Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Sumerta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Negeri 6 Sumerta yang layak diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE diadopsi dari Dick and Carry tahun 1996 yang terdiri atas lima tahapan yakni analisis (analyze), Desain (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian terdiri atas 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, serta pengguna yang terdiri dari 28 orang siswa dan 3 orang guru. Sedangkan objek penelitian ini meliputi validitas media interaktif PAPERTIKA berbasis jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner validasi media dan materi, kuesioner kepraktisan media, dan tes pemahaman konsep matematika. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media mendapatkan hasil 0,70 dengan kriteria valid, kemudian hasil uji validitas materi mendapat hasil 0,84 dengan kriteria valid, hasil uji kepraktisan dari 3 orang praktisi mendapatkan skor rata-rata yakni 96,25% dengan kriteria sangat praktis, kemudian hasil uji efektivitas dari hasil tes pemahaman konsep matematika mendapatkan nilai rata-rata yaitu 87 dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif PAPERTIKA berbasis jigsaw yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD.
Article Details
How to Cite
Ni Made Widiastini, & Ni Luh Gede Karang Widiastuti. (2024). Pengembangan Media Interaktif Papertika (Papan Perkalian Matematika) Berbasis Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Sumerta. Widya Accarya, 15(2), 110-120. https://doi.org/10.46650/wa.15.2.1558.110-120
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Aiken Lewis R. 1994. Perspective of Individual Difference : Assessment of Intellectual Functioning. Plenium: Plenium Press New York.
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7. Tersedia pada halaman web https://www.researchgate.net/profile/ViviAledya/publication/333293321_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_MATEMATIKA_PADA_SISWA/links/5ce5705a458515712ebb6708/KEMAMPUANPEMAHAMAN-KONSEP-MATEMATIKA-PADA-SISWA.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Journal of Scoence and Mathematics Education, 1(2), 149-153. Tersedia pada halaman web https://scholar.google.co.id/scholar?hl =id&as_sdt=0%2C5&q=pengembangab+media+komik+elektronik+berbasis+ andriod+pada+pokok+bahasqn+gerak +lurus&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p% 3DGRPYLoLA7a0J
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan. Tersedia pada halaman web https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ananda+dan+fadhli+2018&oq=ana#d=gs_cit&t=1716208897944&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AqLNwdx4Hqg0J%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26hl%3Did. Diakses pada tanggal 1 Januari 2024.
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan Bigstep. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dick, W. 1996. The Dick and Carey model: Will it survive the decade?. Educational technology research and development, Vol. 44(3), 55- 63.
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis mastery learning untuk mata pelajaran KKPI kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 7(1), 33-47. Tersedia pada halaman web https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/12166. Diakses pada tanggal 23 Desember 2023.
Gee, E., & Harefa, D. (2021). Analysis of Students’ Mathematic Analisis Kemampuan Koneksi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3475. Diakses pada tanggal 3 Desember 2023.
Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: kajian untuk akademis. Insan Cendekia Mandiri. Tersedia pada halaman web https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Harefa%2C+D.%2C+Telaumbanua%2C+T.+%282020%29.+Belajar+Berpikir+dan+Bertindak+Secara+Praktis+Dalam+Dunia+Pendidikan+kajian+untuk+Akademis.+CV.+Insan+Cendekia+Mandiri.+&btnG=. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2023.
Novitasari, & Dian. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika , 2(2), 8-18. Tersedia pada halaman web https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650. Diakses pada tanggal 27 Desember 2023.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122-130. Tersedia pada halaman web https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/33356. Diakses pada tanggal 30 Desember 2023.
Satriawati, G. (2006). Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkakan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Jakarta (Studi eksperimen di SMP Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan). Universitas Pendidikan Indonesia.
Satriawati, Gusni. Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 1, No.1, Juni 2006. Tersedia pada halaman web https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/78. Diakses pada tanggal 3 Desember 2023.
Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56-63. Tersedia pada halaman web https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/7782. Diakses pada tanggal 12 Desember 2023.
Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248. Tersedia pada halaman web http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/download/195/65. Diakses pada tanggal 1 November 2023.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Jurnal Vokasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6491.
WINAYA, I. M. A. (2016). Pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di kelas v sd n. 1 selan bawak. Widya Accarya, 5(1).
Winaya, I. M. A., Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Pembelajaran Tematik Di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali. Widya Accarya, 9(2).
Wirangga, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Software Ispring Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Tersedia pada halaman web https://repository.unja.ac.id/58846/6/FULL%20SKRIPSI.pdf. Diakses pada tanggal 1 Januari 2024.
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7. Tersedia pada halaman web https://www.researchgate.net/profile/ViviAledya/publication/333293321_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_MATEMATIKA_PADA_SISWA/links/5ce5705a458515712ebb6708/KEMAMPUANPEMAHAMAN-KONSEP-MATEMATIKA-PADA-SISWA.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Journal of Scoence and Mathematics Education, 1(2), 149-153. Tersedia pada halaman web https://scholar.google.co.id/scholar?hl =id&as_sdt=0%2C5&q=pengembangab+media+komik+elektronik+berbasis+ andriod+pada+pokok+bahasqn+gerak +lurus&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p% 3DGRPYLoLA7a0J
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan. Tersedia pada halaman web https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ananda+dan+fadhli+2018&oq=ana#d=gs_cit&t=1716208897944&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AqLNwdx4Hqg0J%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26hl%3Did. Diakses pada tanggal 1 Januari 2024.
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan Bigstep. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dick, W. 1996. The Dick and Carey model: Will it survive the decade?. Educational technology research and development, Vol. 44(3), 55- 63.
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis mastery learning untuk mata pelajaran KKPI kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 7(1), 33-47. Tersedia pada halaman web https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/12166. Diakses pada tanggal 23 Desember 2023.
Gee, E., & Harefa, D. (2021). Analysis of Students’ Mathematic Analisis Kemampuan Koneksi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3475. Diakses pada tanggal 3 Desember 2023.
Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: kajian untuk akademis. Insan Cendekia Mandiri. Tersedia pada halaman web https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Harefa%2C+D.%2C+Telaumbanua%2C+T.+%282020%29.+Belajar+Berpikir+dan+Bertindak+Secara+Praktis+Dalam+Dunia+Pendidikan+kajian+untuk+Akademis.+CV.+Insan+Cendekia+Mandiri.+&btnG=. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2023.
Novitasari, & Dian. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika , 2(2), 8-18. Tersedia pada halaman web https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650. Diakses pada tanggal 27 Desember 2023.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122-130. Tersedia pada halaman web https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/33356. Diakses pada tanggal 30 Desember 2023.
Satriawati, G. (2006). Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkakan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Jakarta (Studi eksperimen di SMP Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan). Universitas Pendidikan Indonesia.
Satriawati, Gusni. Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 1, No.1, Juni 2006. Tersedia pada halaman web https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/78. Diakses pada tanggal 3 Desember 2023.
Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56-63. Tersedia pada halaman web https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/7782. Diakses pada tanggal 12 Desember 2023.
Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248. Tersedia pada halaman web http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/download/195/65. Diakses pada tanggal 1 November 2023.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Jurnal Vokasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6491.
WINAYA, I. M. A. (2016). Pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di kelas v sd n. 1 selan bawak. Widya Accarya, 5(1).
Winaya, I. M. A., Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Pembelajaran Tematik Di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali. Widya Accarya, 9(2).
Wirangga, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Software Ispring Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Tersedia pada halaman web https://repository.unja.ac.id/58846/6/FULL%20SKRIPSI.pdf. Diakses pada tanggal 1 Januari 2024.